Departemen Ilmu Informasi dan Perpustakaan mengadakan Kuliah Umum Model Pengembangan Perpustakaan Masa Depan Ramah Difabel.

Program Studi Perpustakaan dan Ilmu Informasi, Departemen Ilmu Informasi dan Perpustakaan, Fakultas Bahasa dan Seni (FBS), Universitas Negeri Padang (UNP) mengadakan Kuliah Umum yang mengangkat tema “Model Pengembangan Perpustakaan Masa Depan Ramah Difabel” bertempat di Auditorium Lantai IV FBS UNP, Senin 23 Oktober 2023.

Narasumber pada kegiatan ini adalah Bapak Jumaidi, S.Pd., M.Pd., Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Sumatera Barat. Pada kesempatan ini beliau menyampaikan konsep dasar perpustakaan dan bagaimana mengenali karakter pemustaka difabel. Difabel merupakan singkatan dari different ability yang artinya orang yang menyandang perbedaan level fungsi jasmani dan rohani. Kedepannya diharapkan sebuah perpustakaan itu harus ramah difabel yang dilengkapi dengan fasilitas penunjang dan pustakawan juga memiliki kecakapan untuk itu. Pembicara juga mencontohkan bagaimana seharusnya pustakawan pada saat menghadapi pemustaka difabel.

Kepala Departemen Ilmu Informasi Perpustakaan Dr. Marlini, S. IPI, M. LIS dalam sambutannya juga menyampaikan bahwa kuliah umum ini diadakan karna pergerakan perpustakaan masih sedikit yang ramah terhadap kaum difabel dan tidak semua fasilitas atau teknologi bisa dinikmati dan dirasakan oleh mereka dan berharap nantinya para difabel turut andil dalam pergerakan perpustakawan Indonesia.

Kegiatan ini dihadiri oleh dosen dan mahasiswa-mahasiswa Departemen Ilmu Informasi dan Perpustakaan.

Leave a Reply